Background

Menghargai Orang Lain

Pada akhir semester lalu saya seperti biasa melakukan traveling. Pada waktu itu saya melakukan perjalanan ke Indonesia Timur. Tentu saja di perjalanan saya bertemu dengan orang-orang baru yang pastinya masih asing. Untuk menghargai tentu kita menyapa orang-orang tersebut atau sekedar berbasa-basi bertanya ingin pergi kemana. Untuk menambah teman juga bisa, walau tentu tidak pasti akan bertemu lagi.

Bertanya apakah sudah bekerja atau masih kuliah/sekolah. Bercerita tentang asal daerah masing-masing serta tentang budaya. Dengan memahami latar belakang orang tersebut kita bisa lebih bisa bagaimana cara menghargai orang tersebut. Dan begitu juga sebaliknya orang tersebut kepada kita.

Dengan bisa memahami dan menghargai orang tersebut, bukan tidak mungkin orang tesebut mau memberikan tempat istirahat sementara sebelum melanjutkan perjalanan kembali. Saya selalu bersyukur jika bertemu orang-orang seperti ini, dan berharap bisa segera membalas kebaikan orang-orang tersebut.
 
Saya menyimpulkan bahwa jika kita bisa menghargai orang lain, kita pun pasti akan dihargai oleh orang lain tersebut. Jika ingin dihargai, maka bersikaplah menghargai orang lain, siapapun itu. Baik orang tua, guru-guru kita, saudara ataupun orang lain yang bertemu di perjalanan.

Categories: Share

Leave a Reply