Background

Web Dan Perilaku Pengguna dari Sisi Navigasi dan Pencarian

Dalam Postingan kali ini saya ditugaskan untuk membuat tugas Softskill yang biasanya tugas tersebut diberikan 1 bulan sekali. Saya ditugaskan untuk membuat postingan yang Membahas Tentang Web Dan Perilaku Pengguna Dari Sisi Yang Berbeda. Nah dalam postingan kali ini kami ingin membahas dahulu tentang Web Dan Perilaku Pengguna dari Sisi Navigasi dan Pencarian. Oke langsung saja ya.

Disini saya mengambil 2 contoh Web Froum yang terdapat di Indonesia. Yakni Kaskus dan detikForum.

Berikut tampilan kedua forum tersebut:
1. Kaskus


2. detikForum

Kedua gambar diatas  adalah tampilan home pada masing-masing forum tersebut.

Kemudian pada kedua web tersebut ada form login untuk dapat masuk ke web tersebut dan kita bisa membuat postingan, reply, ataupun membuat postingan jual beli.

Berikut tampilan Sign In pada Kaskus:
dan berikut tampilan login dari detikForum:


Perilaku Navigasi

Untuk site map masing-masing forum tersebut pada link navigasinya bisa berfungsi semua. Misalnya seperti pada forum Kaskus saat klik link pada subforum Interest kemudian memilih kategori Sepeda maka akan masuk pada subforum tersebut.



Begitu juga pada forum detikForum, saat mengklik pada link navigasi subforum juga bisa berfungsi. Disini saya memilih subforum Hobi dan memilih kategori Travelling

Perilaku Pencarian

Fitur pencarian internal tentunya telah di desain dengan batasan tertentu. Ketika situs Anda tumbuh tentunya Anda akan semakin tahu pola pemakaian oleh pengguna. Termasuk di dalamnya adalah pola pencarian dalam rangka mendapatkan pengalaman terbaik dalam pemanfaatan situs.

Sekarang saya mencoba membandingkan dua forum tersebut terhadap perilaku pencarian



Pada gambar di atas. Dilihat navigasi bagian header terdapat kolom pencarian. Disini user bisa mencari apa yang diinginkan. Jika misalnya ingin mencari sesuatu di Forum bisa dengan memilih kategori Forum. Jika ingin mencari suatu barang atau jasa bisa dengan memilih kategori FJB. Dan yang terakhir adalah user bisa mencari group yang ada di forum Kaskus.


Dari gambar di atas, dilihat dari navigasi yang juga terdapat di bagian header, user bisa mencari berupa berita, alamat ataupun mencari barang atau jasa pada kolom pencarian.

Dan dibagian footer pada masing-masing forum tersbut terdapat About Us, Contact, FAQ, Privacy Policy, Help, dan ada kata-kata yang menjadi situs tersebut dikenal orang.Serta juga terdapat navigasi ke Subforum atau ke Subdomain situs tersebut.

Kaskus
detikForum


Dampak Perilaku Sosial
   
Web Rerefleksikan Perilaku Sosial
        
Web pun dapat merefleksikan perilaku sosial masyarakatnya, dengan adanya IP address yang mengakses web tersebut dapat menunjukkan bahwa web tersebut menarik perhatian masyarakat dan pastinya akan mempengaruhi sikap sosial seseorang contohnya seseorang yang sering mengakakses situs belanja online akan mempunyai gaya hidup yang boros karena tergiur oleh harga yang lebih murah daripada conter ataupun diskon-diskon yang ada. 

Web mempengaruhi perilaku sosial
 
Web sebagai salah satu bentuk teknologi dan informasi yang sangat populer di masyarakat menjadi salah satu pemicu yang mempengaruhi perilaku sosial masyarakat. Ada dua dampak yang ditimbulkan yaitu dampak positif dan dampak negatif.
 
Dampak Positif:
1. Lebih cepat dan mudah dalam meyelesaikan pekerjaan dalam hal ini berarti membantu pekerjaan manusia.
2. Dapat berkomunikasi dengan baik tidak peduli jarak dan waktu sehingga membuat manusia saling berinteraksi dengan mudah.
3. Mudah mencari informasi serta berbelanja online pun dapat dilakukan.

Dampak negatif :
1. Munculnya banyak penipu yang memanfaatkan internet
2. Adanya plagiatisme
3. Munculnya pencurian/hack
4. Munculnya banyak konyen-konten dewasa yang seharusnya tidak dilihat anak kecil dapat merusak mental
5. Bahaya kesehatan akibat radiasi yang ditimbulkan oleh komputer itu sendiri


Dampak Perilaku Ekonomi

Iklan

Iklan adalah promosi benda seperti gadget, atau jasa seperti hosting web, tempat usaha dan ide yang harus dibayar oleh sebuah sponsor. Pemasaran melihat iklan sebagai bagian dari strategi promosi secara keseluruhan. Komponen lainnya dari promosi termasuk publisitas, relasi publik, penjualan, dan promosi penjualan.
Dampak yang biasa diberikan oleh iklan adalah meningkatkan pemasaran produk.

Online Shop

Dalam bidang ekonomi, kemajuan internet terutama pada aplikasi mesin pencari memudahkan suatu perusahaan dalam melihat target pasar dari perusahaan tersebut. Selain itu, teknologi internet juga membawa suatu perubahan pasar yakni saat ini transaksi penjualan/pembelian tidak hanya dapat dilaksanakan ketika penjual dan pembeli bertemu secara langsung namun dalam dunia maya sekalipun. Contoh transaksi jual beli yang biasa kita temukan di internet seperti Shopping Online, Penjualan tiket pesawat, dll. 



Referensi:
 







 



Categories: Share

Leave a Reply