Background

Analisis Jurnal Pemodelan Grafik

Pada kesempatan kali ini, saya akan menyampaikan hasil analisa saya terhadap sebuah Jurnal yang berkaitan dengan Desain Pemodelan Grafik dengan keterangan sebagai berikut:

Judul Jurnal : Pembuatan Simulasi Pergerakan Objek 3D (Tiga Dimensi) Menggunakan OpenGL
Penulis      : Deddy Suhardiman, S.T.G. Kaunang, Rizal Sengkey, Arthur M. Rumagit
Jurusan  : Teknik Elektro, Fakultas Teknik, UNSRAT, Manado


Kata "desain" memiliki arti perencanaan dalam pembuatan sebuah objek, sistem, komponen atau struktur. Sedangkan "pemodelan" adalah membentuk suatu benda-benda atau obyek. Dan "grafik" adalah persentasi visual pada sebuah permukaan seperti dinding atau layar komputer.

Desain Pemodelan Grafik merupakan ilmu yang mempelajari sebuah proses untuk membuat dan menciptakan objek baru berupa seni terapan, arsitektur dan berbagai pencapaian kreatif lainnya yang direkayasa oleh perangkat lunak sebagai tahapan awal untuk pembuatan sekaligus memanipulasi objek dan citra.

Melalui konsep dan proses desain, keseluruhan objek bisa diperlihatkan secara 3 dimensi, sehingga banyak yang menyebut hasil ini sebagai pemodelan 3 dimensi atau 3D modelling.

OpenGL (Open Graphics Library) adalah standar API yang dapat digunakan untuk membuat aplikasi berbasis grafik, baik dua dimensi (2D) maupun tiga dimensi (3D). OpenGL ini bersifat cross-platform, artinya dapat dijalankan pada berbagai platform sistem operasi yang ada saat ini.

Untuk membuat aplikasi menggunakan OpenGL, terlebih dahulu kita membutuhkan suatu konsepsi interfacing dalam implementasinya pada proteksi objek. Salah satu cara yang sudah umum digunakan adalah dengan membuat window-based OpenGL.

OpenGL mendukung lighting, shading, texture, mapping, blending, transparancy, dan banyak kemampuan efek khusus lainnya.

OpenGL mempunyai banyak fungsi dan penggunaan perintah yang sangat luas. Penggunaan OpenGL membutuhkan library tambahan yang harus di letakkan pada direktori sistem dari windows (OS).

Analisis

Disini saya akan menganalisis tentang Aplikasi pembuatan berupa simulasi pesawat terbang.

Dengan melakukan beberapa pembentukkan objek-objek seperti badan pesawat, baling-baling depan, sayap, roda pesawat, dan sayap belakang. kemudian di gabung menjadi satu bagian pesawat. Adapun pembentukan tanah rumput dan jalan.


Dalam pembuatan objek, tiap-tiap bagian pesawat dibuat terpisah lalu digabungkan menjadi satu.

Setelah telah terbentuk objek-objek, agar tampilan lebih menarik objek yang telah dibuat tadi diberi warna. Dan untuk membuat  objek rumput dan jalan menggunakan objek dasar plan yag diatur skalanya lalu beri tekstur yang dipilih.

Cukup sekian analisa dari saya mengenai pemodelan grafik OpenGL. Semoga dapat memberikan wawasan dan dapat dipelajari dengan baik pula oleh teman-teman sekalian. Terima kasih.



Referensi 1 
Referensi 2 



Categories: Share

Leave a Reply