Analisis Jurnal Pemodelan Grafik
Pada kesempatan kali ini, saya akan menyampaikan hasil
analisa saya terhadap sebuah Jurnal yang berkaitan dengan Desain Pemodelan
Grafik dengan keterangan sebagai berikut:
Judul
Jurnal : Pembuatan
Simulasi Pergerakan Objek 3D (Tiga Dimensi) Menggunakan OpenGL
Penulis
: Deddy
Suhardiman, S.T.G. Kaunang, Rizal Sengkey, Arthur M. Rumagit
Jurusan : Teknik Elektro, Fakultas Teknik, UNSRAT, Manado
Kata
"desain" memiliki arti perencanaan dalam pembuatan sebuah objek,
sistem, komponen atau struktur. Sedangkan "pemodelan" adalah
membentuk suatu benda-benda atau obyek. Dan "grafik" adalah
persentasi visual pada sebuah permukaan seperti dinding atau layar komputer.
Desain
Pemodelan Grafik merupakan ilmu yang mempelajari sebuah proses untuk membuat
dan menciptakan objek baru berupa seni terapan, arsitektur dan berbagai
pencapaian kreatif lainnya yang direkayasa oleh perangkat lunak sebagai tahapan
awal untuk pembuatan sekaligus memanipulasi objek dan citra.
Melalui
konsep dan proses desain, keseluruhan objek bisa diperlihatkan secara 3
dimensi, sehingga banyak yang menyebut hasil ini sebagai pemodelan 3 dimensi
atau 3D modelling.
OpenGL (Open Graphics Library) adalah standar API yang
dapat digunakan untuk membuat aplikasi berbasis grafik, baik dua dimensi (2D)
maupun tiga dimensi (3D). OpenGL ini bersifat cross-platform,
artinya dapat dijalankan pada berbagai platform sistem operasi yang ada
saat ini.
Untuk membuat aplikasi menggunakan OpenGL, terlebih dahulu kita
membutuhkan suatu konsepsi interfacing dalam implementasinya pada proteksi
objek. Salah satu cara yang sudah umum digunakan adalah dengan membuat window-based
OpenGL.
OpenGL mendukung lighting,
shading, texture, mapping, blending, transparancy, dan banyak
kemampuan efek khusus lainnya.
OpenGL mempunyai banyak
fungsi dan penggunaan perintah yang sangat luas. Penggunaan OpenGL membutuhkan
library tambahan yang harus di letakkan pada direktori sistem dari windows
(OS).
Analisis
Disini saya akan
menganalisis tentang Aplikasi pembuatan berupa simulasi pesawat terbang.
Dalam pembuatan
objek, tiap-tiap bagian pesawat dibuat terpisah lalu digabungkan menjadi satu.
Setelah telah
terbentuk objek-objek, agar tampilan lebih menarik objek yang telah dibuat tadi
diberi warna. Dan untuk membuat objek rumput dan jalan menggunakan objek
dasar plan yag diatur skalanya lalu beri tekstur yang dipilih.
Cukup sekian analisa
dari saya mengenai pemodelan grafik OpenGL. Semoga dapat memberikan wawasan dan
dapat dipelajari dengan baik pula oleh teman-teman sekalian. Terima kasih.
Referensi 1
Referensi 2