Web Dan Perilaku Pengguna dari Sisi Navigasi dan Pencarian
Dalam
Postingan kali ini saya ditugaskan untuk membuat tugas Softskill yang biasanya tugas
tersebut diberikan 1 bulan sekali. Saya ditugaskan untuk membuat postingan yang
Membahas Tentang Web Dan Perilaku Pengguna
Dari Sisi Yang Berbeda. Nah dalam postingan kali ini kami ingin membahas
dahulu tentang Web Dan Perilaku Pengguna
dari Sisi Navigasi dan Pencarian. Oke langsung saja ya.
Disini saya mengambil 2 contoh Web Froum yang terdapat di Indonesia. Yakni Kaskus dan detikForum.
Berikut tampilan kedua forum tersebut:
1. Kaskus
Sekarang saya mencoba membandingkan dua forum tersebut terhadap perilaku pencarian
Disini saya mengambil 2 contoh Web Froum yang terdapat di Indonesia. Yakni Kaskus dan detikForum.
Berikut tampilan kedua forum tersebut:
1. Kaskus
2. detikForum
Kedua gambar diatas adalah tampilan home pada masing-masing forum tersebut.
Kemudian
pada kedua web tersebut ada form login untuk dapat masuk ke web tersebut dan kita bisa membuat postingan, reply, ataupun membuat postingan jual beli.
Berikut tampilan Sign In pada Kaskus:
dan berikut tampilan login dari detikForum:
Perilaku Navigasi
Untuk site map masing-masing forum tersebut pada link navigasinya bisa berfungsi semua. Misalnya seperti pada forum Kaskus saat klik link pada subforum Interest kemudian memilih kategori Sepeda maka akan masuk pada subforum tersebut.
Begitu juga pada forum detikForum, saat mengklik pada link navigasi subforum juga bisa berfungsi. Disini saya memilih subforum Hobi dan memilih kategori Travelling
Perilaku Pencarian
Fitur pencarian internal tentunya telah di desain dengan batasan
tertentu. Ketika situs Anda tumbuh tentunya Anda akan semakin tahu pola
pemakaian oleh pengguna. Termasuk di dalamnya adalah pola pencarian
dalam rangka mendapatkan pengalaman terbaik dalam pemanfaatan situs.
Sekarang saya mencoba membandingkan dua forum tersebut terhadap perilaku pencarian
Pada gambar di atas. Dilihat navigasi bagian
header terdapat kolom pencarian. Disini user bisa mencari apa yang diinginkan. Jika misalnya ingin mencari sesuatu di Forum bisa dengan memilih kategori Forum. Jika ingin mencari suatu barang atau jasa bisa dengan memilih kategori FJB. Dan yang terakhir adalah user bisa mencari group yang ada di forum Kaskus.
Dari gambar di atas, dilihat dari navigasi yang juga terdapat di bagian header, user bisa mencari berupa berita, alamat ataupun mencari barang atau jasa pada kolom pencarian.
Dan dibagian footer pada masing-masing forum tersbut terdapat About Us, Contact, FAQ, Privacy Policy, Help, dan ada kata-kata yang menjadi situs tersebut dikenal orang.Serta juga terdapat navigasi ke Subforum atau ke Subdomain situs tersebut.
Kaskus
detikForum
Dampak Perilaku Sosial
Web Rerefleksikan Perilaku Sosial
Web pun dapat merefleksikan perilaku
sosial masyarakatnya, dengan adanya IP address
yang mengakses web tersebut dapat menunjukkan bahwa web tersebut menarik
perhatian masyarakat dan pastinya akan mempengaruhi sikap sosial seseorang
contohnya seseorang yang sering mengakakses situs belanja online akan mempunyai
gaya hidup yang boros karena tergiur oleh harga yang lebih murah daripada
conter ataupun diskon-diskon yang ada.
Web mempengaruhi perilaku sosial
Web sebagai salah satu bentuk
teknologi dan informasi yang sangat populer di masyarakat menjadi salah satu
pemicu yang mempengaruhi perilaku sosial masyarakat. Ada dua dampak yang
ditimbulkan yaitu dampak positif dan dampak negatif.
Dampak Positif:
1. Lebih cepat dan mudah
dalam meyelesaikan pekerjaan dalam hal ini berarti membantu pekerjaan manusia.
2. Dapat berkomunikasi dengan
baik tidak peduli jarak dan waktu sehingga membuat manusia saling berinteraksi
dengan mudah.
3. Mudah mencari informasi
serta berbelanja online pun dapat dilakukan.
Dampak negatif :
1. Munculnya banyak penipu
yang memanfaatkan internet
2. Adanya plagiatisme
3. Munculnya pencurian/hack
4. Munculnya banyak
konyen-konten dewasa yang seharusnya tidak dilihat anak kecil dapat merusak
mental
5. Bahaya kesehatan akibat
radiasi yang ditimbulkan oleh komputer itu sendiri
Dampak Perilaku Ekonomi
Iklan
Iklan adalah promosi benda seperti gadget, atau jasa seperti hosting web,
tempat usaha dan ide yang harus dibayar oleh sebuah sponsor. Pemasaran
melihat iklan sebagai bagian dari strategi promosi secara keseluruhan.
Komponen lainnya dari promosi termasuk publisitas, relasi publik,
penjualan, dan promosi penjualan.
Dampak yang biasa diberikan oleh iklan adalah meningkatkan pemasaran produk.
Online Shop
Dalam
bidang ekonomi, kemajuan internet terutama pada aplikasi mesin pencari
memudahkan suatu perusahaan dalam melihat target pasar dari perusahaan
tersebut. Selain itu, teknologi internet juga membawa suatu perubahan pasar
yakni saat ini transaksi penjualan/pembelian tidak hanya dapat dilaksanakan
ketika penjual dan pembeli bertemu secara langsung namun dalam dunia maya
sekalipun. Contoh transaksi jual beli yang biasa kita temukan di internet
seperti Shopping Online, Penjualan tiket pesawat, dll.
Referensi: