Background

Solo Backpacker: Bromo

Jangan bilang kalau lu pernah ke Jawa Timur tidak mengenal Gunung Bromo. Gunung Bromo merupakan gunung berapi yang masih aktif dan paling terkenal sebagai obyek wisata di Jawa Timur. Gunung Bromo berada dalam empat wilayah, yakni Kabupaten Probolinggo, Pasuruan, Lumajang dan Kabupaten Malang. Gunung Bromo memiliki ketinggian 2.392 meter di atas permukaan laut. 

Tapi gue tidak ngebahas tentang gunung Bromo-nya. Tapi, solo backpacker gue ke Bromo.. haha



Trip ke Bromo gue awali dari Yogyakarta. Kenapa dari Jogja? Karena gue kehabisan tiket dari Jakarta menuju Malang hahaha *plakk.. Sekalian juga lah ke Jogja, karena udah lama juga gue gak ke Jogja. Itupun pas masih kecil hahah.. Oke dari Jakarta gue naik kereta Progo jam 22.00 dan nyampe sekitar pukul setengah tujuh pagi di stasiun Lempunyangan. Pas lah sesuai jadwal.

Karena kereta yang bakal gue tumpangi menuju Malang berangkatnya malam, jadi gue menjelajah Jogja—padahal cuma numpang tidur di mushalla sekitar jalan Malioboro -,-“. Udah ngerasa tidurnya cukup sorenya gue lanjutin buat nikmatin jalan Malioboro dari sore sampe jam sembilan. Oiya, shalat Ashar dulu lah, terus berdoa agar selamat disini—ga ada temen disini bro-sist, ngenes -__-“.

Keluar dari mushalla, cari makan dulu—udah nahan laper dari pagi -,-“. Abis makan gue kepikiran ama tugu nol kilometer Jogja. Oke buka HP terus buka aplikasi Google Maps. Cek dulu, seberapa jauh sih dari sini ke sono. Ternyata gak terlalu jauh, okelah bayar makan terus langsung cusss kesono—jalan kaki -___-. 



Oke sampe di tugu, belum rame sih. Cuma gue sama tukang becak. Iseng-iseng nanya ama bapak tukang becak dimana masjid, buat shalat Maghrib. “Bapaknya jawab ga ada masjid sekitar sini jauh, tapi ada mushalla kok disitu”. Sambil nunggu azan, cerita-cerita ama tu bapak ama temennya. Pas udah azan bapaknya ngajakin shalat, oke kita shalat dulu. Pas mau balik ke Malioboro bapaknya udah ga ada—lagi narik woiii, jangan mikir yang aneh-aneh. Padahal mau izin mau jalan lagi ke Malioboro. Yaudahlah, semoga besok-besok kita bisa ketemu lagi, pak.



Nyampe Malioboro ini perut mulai laper lagi. Mari kita makan. Cek Hp, jam di HP udah nunjukin pukul sembilan lewat limabelas. Bayar ama abangnya lanjut cuss stasiun Tugu Yogyakarta. Kereta gue berangkat pukul pukul 22.15, shalat Isya dulu. Lanjut ruang tunggu, udah pukul sembilan lewat empat puluh lima. Keretanya juga udah ada di peron, okelah mari kita cek-in. Lihatin tiket ama kartu identitas sama petugas. Kereta berangkat pas pukul 22.15 gak telat. Gue naik kereta Malioboro Ekspres menuju Malang. Keretanya dingin broo.. Okelah, see you again.. Byee Jogja~...



Malang

Pukul setengah enam pagi gue pun mendarat di kota Malang, akhirnyaaaaa... lanjut shalat subuh. Abis shalat gue bersih-bersih dulu di toilet stasiun. Keluar stasiun, ini perut request lagi minta diisi. Okelah ada ibu-ibu yang jual nasi rawon, santappp. Nanya-nanya ama ibunya, angkot  buat ke UIN Malang yang mana. Bingung sih disini, karena warna angkotnya sama semua, Biru—Arema banget coyy hahaha... ke UIN buat istirahat untung punya temen disini, bisa istirahat gratis hahaha.. nyimpan tenaga buat ke Bromo malamnya. 



Sorenya gue izin dulu ama temen pergi dulu ke stasiun Malang, karena gue bakal dijemput disana. Gue pake agen perjalanan buat ke Bromonya, karena ga sempat juga buat ke Probolinggo, udah ga kuat di jalan—jetlag bro, yaelah naik kereta juga hahaha... 

Gue nikmatin malam dulu di Taman Tugu Balaikota Malang sebelum dijemput. Sekitar jam sebelas gue di-BBM ama orang agen travelnya dia udah hampir sampe, gue bilang gue udah di stasiun. Sepuluh menit kemudian jemputan gue datang. Lanjutlah jalan sama jemputin orang yang juga bakal bareng sama trip ini. Setelah dijemput semua, langsung deh jalan... Bromo I’m coming!!



Perjalan sekitar tiga jam dari Malang buat sampe gerbang masuk. Disini gue ngeliat tulisan, sebelah kiri buat ke Bromo dan sebelah kanan buat ke Ranu Pane, tau lah yaa itu jalur kemana, Semeru! Tapi ya kali ini Bromo dulu, mudahan dalam waktu deket bakal ke kanan.. Aamiin..

Jalurnya ga nyantai men, bener-bener dah. Untung naik jip. Kalo pakai mobil biasa kayaknya bakal susah kalo lewat jalur ini. Spot pertama ke Pananjakan dulu. Itu lhoo, tempat ngeliat sunrisenya Bromo.

Sekitar pukul empat subuh gue udah nyampe di Pananjakan. Shalat subuh dulu. Dan lagi-lagi ga nyante men. Sekarang airnya, ga tau dah itu air nya berapa derajat, ga beku juga sih. Ga berani mandi dah pokoknya ama tu air.



Nunggu sekitar setengah jam, akhirnya warna merah muncul dari kejauhan, sunrise. Turis, bule atau apalah pada ngeluarin goloknya, ehh salah kamera lah, lu kirain mau perang—tepok jidat f*rhat *bbas. Ekspresi gue pas ngeliat sunrise? Gue jungkir balik, salto, koprol, push up trus lompat dari Pananjakan. Ya kagak lah lebay amat gue—tepok jidat f*rhat *bbas lagi. 



Abis puas liat sunrise, gue pindah spot buat ngeliat Bromo dari atas sini. Bersyukur banget cuaca cerah.. Alhamdu...lillah.. foto-foto lah abis itu, kapan lagi—narsis amat lu -_-.



Oke udah puas foto-fotonya, diajakin lagi ama agen perjalanannya turun lagi buat jalan ke puncak Bromonya. Pas ngelewatin padang pasir gue terus bersyukur sama Tuhan, karena terlahir di negeri yang indah ini—terharu. 



Jip yang gue tumpangi udah nyampe. Jip ga boleh sampe deket ama puncak Bromo. Karena itu udah jadi jatah yang nyewain kuda. Gue ama rombongan jalan kaki aja. Maaf ya mas, pak ga naik kuda dulu.



Hueehh capek men, sampe deket tangga buat ke puncak istirahat dulu bentar. Katanya sih ada 250 anak tangga yang bakal dinaikin buat nyampe atas—alamaakk.. padahal gue lari buat nyampe atas biar pas nyampe atas ga berasa terlalu capek karena akhirnya udah nyampe atas.. 

Turun dari puncak lanjut jalan ke Pasir Berbisik, ada yang pernah nonton filmnya Dian Sastro yang Pasir Berbisik?—padahal gue belum nonton -__-.. yak disini lah syutingnya. Karena gue ke Bromo nya bukan pas lagi musim kemarau jadi ya gak berasa pasir berbisiknya. Pasirnya basah. 


Ga lama-lama di pasir berbisik lalu gue lanjut ke Bukit Teletubbies—akulah teletubbies, akulah teletubbies, lah kok jadi gini??? *abaikan. Kenapa disebut bukit Teletubbies? Karena bukitnya bener-bener mirip sama acara anak-anak itu.



Setelah dari bukit teletubbies ini, gue beserta rombongan yang lain balik lagi ke Malang. Ya sekian lah catatan perjalanan gue ke Bromo. Mudahan bisa update lagi blog gue kedepannya dengan tempat yang berbeda... see you

Leave a Reply